Kompas.com - 20/03/2014, 20:45 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis, Kamis (20/3/2014), memutuskan belum akan menunda penjualan dua kapal perang kelas Mistral ke Rusia hingga Oktober mendatang.

Perancis kini dalam tekanan untuk membatalkan penjualan kapal perang itu terkait krisis Crimea yang melibatkan Rusia

"Pengiriman pertama dijadwalkan Oktober, jadi pertanyaan soal penundaan baru akan terjawab pada Oktober," kata Menteri Pertahanan Perancis, Jean-Yves Le Drian.

Le Drian mengulangi posisi Perancis bahwa penundaan pengiriman kapal bernilai 1,4 miliar dolar AS itu hanya bisa terjadi jika sanksi ekonomi dalam arti luas diterapkan Uni Eropa.

Kapal perang kelas Mistral ini adalah sebauh kapal perang dengan diperkuat helikopter serbu. Pada 2011, AS dan NATO mengecam Perancis karena sepakat untuk menjual kapal perang itu ke Rusia.

Sementara itu, Inggris dan Jerman pekan ini menunda semua ekspor peralatan militer ke Rusia sebagai protes atas apa yang mereka nilai sebagai langkah ilegal Moskwa menganeksasi Crimea dari Ukraina.

Jerman memerintahkan kelompok perusahaan persenjataan Rheinmetall untuk melanjutkan kontrak bernilai 100 juta euro untuk membangun sebuah kamp pelatihan untuk militer Rusia.

Namun, dengan 1.000 orang bergantung pada kesepakatan penjualan Mistral, Perancis nampak ragu untuk membatalkan kontrak itu sebagai bagian dari upaya Barat untuk menekan Presiden Vladimir Putin untuk mengosiasikan sebuah resolusi damai atas krisis Crimea.

"Kini saatnya diplomasi benar-benar dilakukan untuk menghindari semua jenis eskalasi," kata Le Drian.

"Bagi saya semua hipotesis soal intervensi militer bisa disingkirkan saat ini karena saya yakin diplomasi sedang berlangsung," tambah Le Drian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.