Kompas.com - 20/03/2014, 19:20 WIB
EditorErvan Hardoko
KIEV, KOMPAS.com - Pemerintah Crimea, Kamis (20/3/2014), akhirnya membebaskan seorang komandan AL Ukraina yang ditahan saat warga pro-Rusia menyerbu pangkalan AL Ukraina di semenanjung itu.

"Laksamana Muda Sergiy Ganduk dibebaskan malam ini bersama beberapa sandera sipil yang ditahan pasukan Rusia dan anggota milisi Crimea pada Rabu," demikian Presiden Ukraina, Oleksandr Turchynov seperti dikutip kantor berita Interfax.

Sebelumnya, Moskwa meminta para pemimpin Crimea segera membebaskan komandan AL Ukraina itu.

"Saya sudah meminta para pemimpian Republik Crimea untuk membebaskan panglima AL Ukraina dan tidak menghalangi kepergiannya ke Ukraina," kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu.

Sebelumnya, milisi Crimea pro-Rusia menangkap seorang komandan AL Ukraina setelah menduduki pangkalannya di Crimea, Rabu (19/3/2014).

Seorang perwakilan militer Rusia, Igor Yeskin, mengatakan bahwa seorang perwira AL Ukraina, Sergiy Gayduk, yang menjadi komandan pangkalan AL Ukraina awal bulan ini setelah pendahulunya membelot ke Crimea, telah ditahan.

"Dia ditahan dan tak bisa pergi ke mana-mana. Dia kini sudah diamankan," kata Yeskin kepada wartawan.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Ukraina di Crimea menambahkan, pasukan pro-Rusia juga menduduki sebuah pos pemeriksaan di dekat basis militer Ukraina di kota Novoozerne di wilayah barat Crimea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.