Kompas.com - 20/03/2014, 16:30 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Seorang pedagang besi bekas di kawasan Midwest, AS, membeli sebuah telur emas seharga 8.000 dollar AS atau setara Rp 91 juta di sebuah pasar loak. Telur emas itu ternyata merupakan harta karun Kekaisaran Rusia.

Telur paskah hasil karya seniman Rusia bernama Peter Carl Faberge itu dibuat khusus untuk anggota keluarga Kekaisaran Rusia pada abad ke-19. Hanya ada 50 buah di seluruh dunia. Delapan di antaranya dinyatakan hilang.

Pedagang itu awalnya membeli telur tersebut hanya untuk menjual logamnya. Namun saat ia mengetahui bahwa di dalam telur itu terdapat sebuah jam Vacheron Constantin bertakhta emas, ia pun mencari informasi di Google.

Ia kemudian menyadari bahwa "besi bekas" itu ternyata telur Faberge yang diberikan Kaisar Rusia Alexander III kepada permaisuri Maria Feodorovna pada Paskah 1887.

Seorang pakar artefak Rusia dari London, Inggris, Kieran McCarthy, mengatakan bahwa pedagang besi bekas itu menghubungi McCarthy untuk memastikan bahwa telur itu asli, dan menegosiasikan penjualannya kepada seorang kolektor.

"Begitu saya melihatnya, bulu kuduk saya berdiri," kata McCarthy, yang menyebut telur itu sebagai "Cawan Suci" untuk kolektor.

Nilai telur emas itu diperkirakan berkisar 20 juta dollar AS atau Rp 228 miliar. Setelah ditemukan, telur Faberge tersebut akan dipamerkan di London pada bulan April. Ini akan menjadi penampilan pertamanya dalam 100 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.