Kompas.com - 20/03/2014, 15:09 WIB
EditorEgidius Patnistik
BEIJING, KOMPAS.COM — Keluarga dari penumpang asal China di pesawat Malaysia Airlines yang hilang, Kamis (20/3/2014), berkeras bahwa anggota keluarga mereka masih hidup. Sementara Beijing mengatakan, pihaknya mengikuti dengan saksama perkembangan peristiwa itu.

Sejumlah pejabat Australia mengatakan, dua benda yang kemungkinan berhubungan dengan pesawat yang hilang itu telah ditemukan satelit di Samudra Hindia bagian selatan yang terpencil.

Namun, Wen Wancheng menolak untuk menerima bahwa pengumuman bisa berarti ia telah kehilangan putranya, yang merupakan salah seorang penumpang penerbangan itu. "Putraku masih hidup. Putraku masih hidup," kata pria berusia 63 tahun dari Provinsi Shandong itu. "Saya tidak percaya berita itu."

Ada 153 warga negara China dalam penerbangan Malaysia Airlines MH370 itu. Keluarga mereka telah menunggu berita tentang pencarian pesawat itu di Lido Hotel di Beijing.

Zhao Chunzeng, yang menolak untuk mengidentifikasi keluarganya di pesawat itu, mengatakan bahwa keluarga sedang mencari kepastian terkait temuan itu. "Kami sedang menunggu, hanya menunggu, dan kami tidak bisa menanggapi berita itu sampai sudah dipastikan," kata Zhao kepada kantor berita AFP.

Saat ditanya apakah ia berpikir pengumuman pihak Australia lebih signifikan karena datang dari perdana menteri negara itu, ia berkata, "Mungkin saja, tetapi kami masih harus menunggu dan melihat."

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei mengatakan, pemerintah memberikan "perhatian besar" terhadap berita dari Australia itu. "Pihak China siap membuat pengaturan yang relevan berdasarkan perkembangan terbaru itu," katanya dalam sebuah pernyataan, tanpa membuat rincian lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.