Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Rilis 2 Foto Obyek yang Diduga Pesawat Malaysia Airlines

Kompas.com - 20/03/2014, 14:54 WIB


CANBERRA, KOMPAS.com
— Otoritas keamanan maritim Australia atau the Australian Maritime Safety Authority (AMSA) merilis foto-foto satelit yang mendeteksi obyek diduga puing pesawat Malaysia Airlines MH370.

Foto-foto tersebut memperlihatkan dua obyek yang diperkirakan masing-masing dengan panjang sekitar 24 meter.

"Obyek tersebut relatif tidak jelas. Saya mengindikasikan bahwa obyek tersebut berukuran signifikan dan mungkin terendam dalam air dan naik turun di atas permukaan laut," kata pejabat AMSA, John Young.

Dia mengatakan, Australia telah mengirim pesawat untuk mengecek ke lokasi guna memastikan apakah obyek tersebut memang benar serpihan pesawat. Sejumlah kapal juga telah dikirim untuk menandai lokasi temuan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Tony Abbott telah mengumumkan di depan anggota parlemen bahwa obyek tersebut kemungkinan berkaitan dengan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang dan diduga menuju Samudra Hindia bagian selatan.

Pesawat jenis Boeing 777-200 milik Maskapai Malaysia Airlines dengan kode penerbangan MH370 hilang dalam penerbangan Kuala Lumpur-Beijing pada Sabtu (8/3/2014) dini hari. Pesawat tersebut membawa 239 orang penumpang, termasuk tujuh warga negara Indonesia.

Banyak spekulasi terkait hilangnya pesawat tersebut. Namun, dugaan terakhir, pesawat dikuasai orang-orang yang berpengalaman dengan teknologi pesawat. Awalnya pencarian dilakukan di sekitar Laut China Selatan, tetapi kemudian dialihkan ke Samudra Hindia setelah terdapat informasi bahwa satelit menerima sinyal keberadaan pesawat tersebut di sekitar Andaman beberapa jam setelah dilaporkan hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com