Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Perlu Verifikasi Obyek yang Diduga Pesawat Malaysia Airlines

Kompas.com - 20/03/2014, 12:50 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM — Malaysia, Kamis (20/3/2014), mengatakan, dua obyek yang terlihat di Samudra Hindia memberikan mereka harapan mengenai pesawat MH370. Namun, Malaysia juga menekankan perlunya verifikasi terhadap klaim tersebut.

"Setiap petunjuk adalah harapan," kata Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein kepada wartawan di Bandara Internasional Kuala Lumpur, tempat ia mengawasi upaya pencarian internasional terhadap pesawat yang hilang itu. "Kami sudah sangat konsisten. Kami ingin memastikan," katanya.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan kepada parlemen Australia bahwa ada "informasi baru dan kredibel" berdasarkan citra satelit. Ia juga mengatakan bahwa empat pesawat pengintai jarak jauh sedang dialihkan untuk memeriksa lokasi di Samudra Hindia bagian selatan itu, tempat ditemukannya dua obyek yang diduga sebagai pesawat MH370.

Hishammuddin mengatakan, Abbott telah menelepon Perdana Menteri Malaysia Najib Razak untuk membahas perkembangan terbaru tersebut. "Kali ini saya hanya berharap bahwa itu merupakan perkembangan yang positif," kata Hishammuddin.

Hishammuddin memperingatkan, perlu waktu sebelum temuan Australia itu dapat diverifikasi. "Pesawat dan kapal sedang ke sana. Anda tahu betapa luasnya daerah itu," katanya.

Dari dua obyek yang terlihat di Samudra Hindia itu, yang terbesar panjangnya sekitar 24 meter, sementara yang lainnya lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com