Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Pencarian Pesawat Malaysia Airlines adalah Prioritas

Kompas.com - 20/03/2014, 05:55 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Barack Obama, Rabu (19/3/2014), menyatakan pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang sejak Sabtu (8/3/2014) adalah prioritas utama bagi Amerika Serikat. Dia menawarkan segala sumber daya termasuk dari Biro Investigasi Federal (FBI).

"Saya ingin mereka yakin bahwa kami menganggap ini sebagai prioritas utama," kata Obama dalam wawancara dengan stasiun televisi KDFW Dallas. "Kami menempatkan setiap sumber daya yang kami miliki untuk proses pencarian," ujar dia sebagaimana dikutip AFP.

Obama pun mengatakan Pemerintah Amerika Serikat sudah bekerja sama erat dengan Pemerintah Malaysia terkait upaya pencarian pesawat Boeing 777-200ER berkode penerbangan MH370 tersebut. Selain FBI, sebut Obama, penyidik dari Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) dan otoritas penerbangan (FAA) sudah turun dalam upaya pencarian ini.

Penerbangan MH370 milik Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Beijing, hilang kontak tak lebih dari dua jam setelah lepas landas dari Kuala Lumpur, Sabtu dini hari. Beragam dugaan dan teori mencuat seiring pencarian yang tak kunjung membuahkan titik terang selama 13 hari ini. Di dalam pesawat terdapat 239 orang penumpang dan kru.

Pencarian pesawat tersebut telah melibatkan tak kurang dari 26 negara. Area pencarian pun membentang luas dari Kazakhtan di Asia Tengah hingga ujung selatan Samudra Hindia, berdasarkan beragam dugaan dan kemungkinan dari analisis menggunakan indikator lokasi terakhir kontak suara dari kokpit ke menara kontrol, data radar sipil maupun militer, dan perhitungan sisa bahan bakar pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com