Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Desak Korut Hentikan Uji Coba Misil

Kompas.com - 17/03/2014, 15:52 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Selatan, Senin (17/3/2014), mendesak agar Korea Utara menghentikan uji coba roket dan misil yang dinilai sebagai sebuah tindakan provokatif.

Seruan itu disampaikan Seoul sehari setelah Korea Utara melakukan uji coba dengan menembakkan 26 proyektil roket dan misil ke Laut Jepang.

"(Korea) Utara harus menghentikan aksi yang bisa menyebabkan ketegangan militer dan mengkhawatirkan tetangganya," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Korea Selatan.

"Aksi provokatif yang dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya itu bisa membahayakan kapal-kapal laut dan pesawat udara yang melintas di kawasan itu," tambah Kemenhan Korea Selatan.

Awal bulan ini, Beijing menyampaikan keprihatinannya setelah uji coba misil Korea Utara melewati jalur yang dilintasi pesawat penumpang China.

Kemenhan Korea Selatan menambahkan, negeri itu mengawasi pergerakan pasukan Korea Utara dengan ketat dan mengatakan terdapat kemungkinan negeri komunis itu akan meluncurkan lebih banyak roket.

Lebih jauh disampaikan dalam pergerakan pasukan Korea Utara itu terlihat sejumlah versi lama roket Frog buatan Rusia.

Penembakan puluhan roket itu diduga kuat terkait latihan militer tahunan yang digelar AS dan Korea Utara sejak akhir Februari lalu dan baru akan berakhir pada pertengahan April.

Korea Utara, seperti biasa, mengecam latihan militer gabungan itu dan menuding latihan itu sebagai persiapan invasi ke wilayah Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com