Kompas.com - 14/03/2014, 20:03 WIB
EditorErvan Hardoko
ABUJA, KOMPAS.com - Sebuah serangan yang digelar kelompok militan Boko Haram, Jumat (14/3/2014), di sebuah pangkalan militer di kota Maiduguri mengakibatkan puluhan pemberontak dari tahanan. Demikian pernyataan militer Nigeria.

Seorang sumber militer Nigeria yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan Boko Haram berhasil memasuki Barak Giwa dan membebaskan puluhan rekannya.
Barak Giwa adalah penjara militer yang biasa digunakan untuk menahan anggota kelompok militan.

Sementara itu juru bicara Kementerian Pertahanan Nigeria Chris Olukolade mengakui banyak anggota pemberontak yang kabur.

"Namun, apakah yang kabur itu adalah mereka yang melakukan serangan atau mereka yang ditahan," ujar Olukolade.

Sementara itu, sebelum menyerang barak militer kelompok militan Boko Haram melintasi permukiman penduduk di kawasan Fauri. Di sana mereka sempat menembaki warga dan membakar sejumlah rumah. Namun sejauh ini data soal korban dan jumlah rumah yang dibakar belum diperoleh.

Maiduguri adalah ibu kota negara bagian Borno, tempat yang menjadi basis kekuatan Boko Haram yang ingin mendirikan negara Islam yang terpisah dari Nigeria.

Human Right Watch (HRW) mencatat sepanjng 2014, Boko Haram sudah melakukan 40 serangan yang menewaskan sedikitnya 700 orang.

Negara bagian Borno sudah berada dalam kondisi darurat sejak Mei 2013, saat militer Nigeria menggelar operasi besar-besaran untuk memberantas pemberontakan Boko Haram.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.