Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Austria Tangkap Pengusaha Ukraina Pendukung Yanukovych

Kompas.com - 13/03/2014, 20:29 WIB
VIENNA, KOMPAS.com - Pemerintah Austria, Kamis (13/3/2014) mengatakan, kepolisian negara itu menahan seorang pengusaha Ukraina, Dmytro Firtash, menyusul investigasi FBI dan surat penahanan dari Amerika Serikat.

"Pada 12 Maret malam, seorang warga negara Ukraina F, 48, ditahan di Vienna oleh kesatuan polisi anti-kejahatan terorganisasi dan unit EKO-Cobra," demikian pernyataan kepolisian Austria.

"Sebuah perintah penangkapan nasional diterbitkan untuk pengusaha itu berdasarkan investigasi FBI selama beberapa tahun serta sebuah surat penahanan dari sebuah pengadilan AS," tambah kepolisian.

Pengusaha itu diduga terlibat dalam sejumlah kasus penyuapan dan membentuk organisasi kriminal.

Kantor berita Austria Press Agency, menyebut tersangka dengan nama Firtash, seorang konglomerat bidang kimia yang memiliki stasiun televisi Inter dan merupakan salah satu orang yang paling berkuasa di Ukraina.

Firtash diyakini merupakan salah satu pendukung utama presiden terguling Viktor Yanukovych yang dilengserkan kelompok pro-Eropa bulan lalu dan kini kabur ke Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com