Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Sepakat Bangun Dua PLTN Baru di Iran

Kompas.com - 12/03/2014, 21:49 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia telah menandatangani perjanjian awal untuk membantun dua lagi pembangkit listrik tenaga nuklir di kota pelabuhan Iran, Bushehr. Demikian dikabarkan kantor berita Iran, IRNA, Rabu (12/3/2014).

Kesepakatan itu diperoleh, lanjut IRNA, saat seorang pejabat senior badan tenaga atom Rusia, Rosatom, berkunjung ke Teheran, Selasa (11/3/2014).

"Iran dan Rusia mencapai kesepakatan awal untuk membangun setidaknya dia pembangkit listrik tenaga nuklir," kata juru bicara Organisasi Energi Atom Iran, Behrouz Kamalvandi.

PLTN beru berkapasitas 1.000 megawatt itu, lanjut Kamalvandi, akan dibangun di dekat PLTN yang sudah ada terlebih dahulul di Bushehr, yang juga dibangun oleh Rusia.

"Pembicaraan lebih lanjut akan digelar untuk mendiskusikan masalah teknis dan finansial proyek ini. Namun, kesepakatan final diharapkan segera diteken," tambah Kamalvandi.

Pada Januari lalu, Presiden Iran Hassan Rohani kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa hubungan kedua negara yang sudah berlangsung lama berpotendi memunculkan stabilitas dan keamanan di kawasan.

Pembangunan PLTN baru di Bushehr ini nampaknya akan memicu keprihatinan di antara negara-negara Teluk terkait kualitas fasilitas nuklir Bushehr dan risiko kebocoran radioaktif jika terjadi gempa besar di wilayah itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com