Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Malaysia Bantah Modifikasi Foto Dua Warga Iran

Kompas.com - 12/03/2014, 16:54 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Kepolisian Malaysia, Rabu (12/3/2014), membantah tudingan bahwa mereka memodifikasi foto dua pria Iran yang diduga adalah penumpang Malaysia Airlines berpaspor curian.

Dalam foto itu memang terlihat foto kedua warga Iran itu memiliki bentuk kaki yang sama. Polisi mengatakan, hal itu terjadi karena kesalahan dalam proses fotokopi.

Pada Selasa (11/3/2014), kepolisian Malaysia merilis foto dua pria, yang kini diyakini adalah imigran ilegal. Namun, ternyata kedua foto itu memiliki kesamaan di bagian kaki.

Para pengguna media sosial yang melihat kejanggalan itu kemudian menduga polisi sengaja memodifikasi kedua foto tersebut.

"Mengapa mereka (polisi) berusaha melakukan photoshop bagian kaki di foto warga Iran yang dirilis?" kata seorang pengguna Twitter.

"Photoshop yang gagal! Dua foto dengan kaki yang sama, apakah foto itu asli?" ujar pengguna media sosial lainnya.

Menanggapi hal ini, juru bicara kepolisian Malaysia Asmawati Ahman mengatakan, kejanggalan itu disebabkan salah seorang staf kepolisian melakukan kesalahan saat memperbanyak foto itu menggunakan mesin fotokopi.

"Itu tidak dilakukan dengan sengaja atau untuk membuat kegaduhan," kata Asmawati.

Asmawati menambahkan, kepolisian sudah menjelaskan masalah itu kepada sejumlah fotografer saat foto itu dibagikan.

Kesalahan itu memicu kritik terhadap Pemerintah Malaysia, yang dituduh melakukan banyak blunder dan pernyataan yang saling bertentangan sejak Malaysia Airlines MH370 hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing lima hari lalu.

Salah satu kesalahan lain yang juga sempat memicu kecaman adalah saat salah seorang pejabat Malaysia menyebut penumpang berpaspor palsu itu berwajah mirip pesepak bola Mario Balotelli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com