Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Libya Mampir di Malta

Kompas.com - 12/03/2014, 15:48 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri (PM) Libya Ali Zeidan mampir di Malta dalam perjalanan menuju sebuah negara di Eropa. Informasi soal ini diutarakan oleh Perdana Menteri (PM) Malta Joseph Muscat sebagaimana warta televisi pemerintah Malta, TVM, Rabu (12/3/2014). Menurut Muscat, dirinya sempat berbicara sebentar dengan Zeidan. "Zeidan mampir di Malta karena pesawat yang ditumpanginya mengisi bahan bakar untuk melanjutkan perjalanan,"kata Muscat.

Parlemen Libya memutuskan melengserkan Zeidan kemarin setelah kelompok pemberontak merendahkan pemerintah dengan memuat minyak mentah pada sebuah kapal tanker. Kapal tanker itu bertolak dari pelabuhan Angkatan Laut (AL) Libya. Parlemen kemudian mengangkat Menteri Pertahanan Abdallah al-Thinni menjadi penjabat PM Libya.

Sementara itu, jaksa negara Libya Abdel-Qader Radwan mengatakan di Tripoli kalau dirinya melarang Zeidan melakukan perjalanan ke luar negeri. Pasalnya, Zeidan akan menghadapi pemeriksaan terhadap sangkaan penggelapan keuangan negara.

Pada sisi lain, negara-negara Barat cemas kalau Libya yang juga anggota OPEC bakal terpecah. Ada kubu yang membela pemerintah saat ini. Ada juga kubu yang berada di sisi pemberontak dan kesukuan yang pernah membantu menggulingkan rezim Moammar Khadafy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com