Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Provinsi Paling Tercemar di China Perintahkan Tanam Pohon

Kompas.com - 12/03/2014, 14:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Otoritas Hebei, provinsi paling tercemar udara kotor di China, memerintahkan warganya mulai menanam pohon. Otoritas provinsi di China Utara itu menyiapkan 1,12 juta hektar lahan untuk pembuatan hutan. Untuk empat tahun pertama sejak 2014, penanaman pohon meliputi lahan seluas 280.000 hektar. "Ini langkah untuk mengurangi polusi udara," kata pernyataan Departemen Kehutanan Provinsi Hebei sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (12/3/2014).

Catatan departemen itu menunjukkan hutan di Hebei meliputi 28 persen dari luas wilayah pada 2013. Kenyataan ini menempatkan Hebei pada posisi 18 di seluruh China.

Sementara itu, sampai dengan 2020, Hebei bakal melakukan penanaman kembali hingga 6,57 juta hektar. Pencapaian itu kelak membuat 35 persen kawasan Hebei adalah hutan.

Direktur Departemen Kehutanan Provinsi Hebei Wang Haiyang mengatakan upaya penanaman pohon memang bertujuan mereduksi pencemaran udara dan efek rumah kaca. "Kami juga akan mengurangi polusi karena asap kendaraan bermotor,"katanya.

Menurutnya, setiap meterk kubik hutan mampu menyerap 1,83 ton karbondioksida sembari memunculkan 1,62 ton oksigen. "Pemerintah Hebei sudah menutup 8.347 perusahaan karena mereka membuat polusi udara," demikian Wang Haiyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com