Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Hentikan Pencarian Udara Pesawat Malaysia Airlines

Kompas.com - 12/03/2014, 11:28 WIB
PHU QUOC, KOMPAS.COM — Vietnam, Rabu (12/3/2014), mengatakan, pihaknya menangguhkan pencarian udara untuk pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang dan mengurangi pencarian laut karena menunggu pihak Malaysia memperjelas arah baru pencarian pesawat itu.

"Kami memutuskan untuk menghentikan sementara beberapa kegiatan pencarian dan penyelamatan, sambil menunggu informasi dari Malaysia," kata Wakil Menteri Transportasi Vietnam, Pham Quy Tieu. Ia menambahkan bahwa sejumlah kapal masih melakukan pencarian tetapi dengan skala yang lebih kecil.

Malaysia telah memperluas pencarian pesawat yang hilang itu ke Laut Andaman, ratusan kilometer ke arah barat laut dari radius pencarian semula, kata seorang pejabat, Rabu. Namun Malaysia membantah laporan bahwa pesawat dengan 239 orang di dalamnya terdeteksi berada jauh dari jalur penerbangan yang direncanakan.

Sebuah harian Malaysia mengatakan, radar terakhir kali mendeteksi pesawat itu berada di atas Selat Malaka di sebelah barat Malaysia.

"Kami sudah meminta pihak berwenang Malaysia dua kali, tetapi sejauh ini mereka belum menjawab kami," kata Tieu ketika ditanya tentang laporan tersebut. "Kami memberi tahu Malaysia pada hari kami kehilangan kontak dengan pesawat itu bahwa kami melihat pesawat itu kembali ke barat tetapi Malaysia tidak menanggapi," tambahnya.

Pesawat Malaysia Airlines itu, sebuah Boeing 777 ER 200, hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing di atas wilayah perairan antara Vietnam dan Malaysia pada Sabtu lalu setelah terbang sejam lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com