Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Ceceran Minyak di Laut dari Pesawat Malaysia Airlines?

Kompas.com - 10/03/2014, 11:46 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM —
 Pemerintah Malaysia berharap dapat menyelesaikan analisis laboratorium pada Senin (10/3/2014) sore. Hasil analisis itu diharapkan bisa menunjukkan apakah ceceran minyak di laut antara Malaysia dan Vietnam berasal dari jet penumpang Malaysia Airlines yang hilang atau bukan. 

Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang di atas perairan antara Malaysia dan Vietnam dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada Sabtu pagi.

"Kami masih menunggu hasil. Saya berharap untuk mendapat jawaban pada sore ini," kata Amdan Kurish, direktur jenderal Otoritas Maritim Malaysia kepada kantor berita AFP.

Ia mengatakan, sampel minyak yang diperiksa itu dikumpulkan dari ceceran sepanjang dua kilometer di perairan yang terletak sekitar 185 kilometer sebelah utara pantai timur dari Negara Bagian Kelantan, Malaysia. Ceceran itu merupakan yang terbesar dari beberapa yang ada di daerah itu. Lokasinya di selatan dari titik di mana pengendali lalu lintas udara kehilangan kontak dengan pesawat tersebut. 

Pihak berwenang Vietnam mengatakan, mereka sedang melakukan penyelidikan setelah salah satu pesawat pencari mereka melihat apa yang diduga puing-puing dari pesawat itu dari ujung barat daya Vietnam.

Belum ada bukti yang terkonfirmasi tentang nasib pesawat itu yang belum ditemukan itu. Hal itu membuat pihak berwenang bingung dan para anggota keluarga yang sedih menuntut jawaban.

Kekhawatiran akan serangan teror telah muncul setelah terungkap bahwa setidaknya dua penumpang pesawat itu menggunakan paspor curian milik warga Italia dan satu lagi milik warga Austria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com