Kompas.com - 09/03/2014, 16:40 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Dalam upaya pencarian pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 hingga Minggu (9/3/2014) petang, tim SAR Malaysia menemukan ceceran minyak di sekitar 100 mil laut Tok Bali, kawasan Negara Bagian Kelantan. Sementara itu, tim SAR Singapura menemukan benda mencurigakan yang mengapung di perairan Laut China Selatan di wilayah Vietnam.

Menurut warta laman Bernama, Tuoi Tre, dan Thanh Nien hari ini, ceceran minyak itu sudah diambil sampelnya. "Kami sedang meneliti apakah ceceran minyak itu milik pesawat MAS atau bukan," kata Mohf Amdan Kurish, dari Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, dalam jumpa pers termutakhir di Kuala Lumpur.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah, belum ada informasi ihwal benda mencurigakan temuan tim SAR Singapura. Temuan itu sudah dilaporkan kepada tim SAR Vietnam. Tim Singapura masih menanti kehadiran tim Vietnam tiga jam kemudian di lokasi penemuan.

Data termutakhir menunjukkan bahwa MH370 dari jenis Boeing 777-200 membawa 239 penumpang. Dari jumlah tersebut, 153 penumpang adalah warga negara China. Lalu, ada 38 penumpang warga negara Malaysia.

Pesawat yang bertolak dari Kuala Lumpur pada Sabtu pukul 00.41 itu hilang kontak pada pukul 02.40. Sejatinya, pesawat mendarat di Beijing pada pukul 06.30 waktu setempat, Sabtu (8/3/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.