Kompas.com - 09/03/2014, 13:29 WIB
EditorHeru Margianto


KUALA LUMPUR, KOMPAS.com
 — Sinyal radar menunjukkan, pesawat Malaysia Airlines (MAS) yang hilang kemungkinan berbalik arah kembali ke Malaysia. Demikian disampaikan seorang pejabat resmi Malaysia.

Dikutip dari BBC, Minggu (9/3/2014), Kepala Angkatan Udara Malaysia Rodzali Daud mengatakan, investigasi saat ini difokuskan pada rekaman sinyal radar yang menunjukkan kemungkinan pesawat itu berbalik arah dari rute semula menuju Beijing.

"Radar militer mengindikasikan bahwa pesawat mungkin berbalik arah. Hal ini dikuatkan oleh radar sipil," kata Rodzali seperti dikutip dari Associated Press (AP).

Sementara itu, Chief Executive Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya mengatakan, pilot seharusnya memberi tahu otoritas traffic control jika melakukan perubahan arah.

"Dari data yang kita miliki, tidak ada sinyal kesulitan atau keadaan bahaya. Kita sungguh bingung," kata dia.

Angkatan Laut Vietnam menemukan ceceran minyak yang diduga bahan bakar pesawat di Laut China selatan. Namun, tak ada reruntuhan pesawat di sekitar ceceran minyak tersebut.

Pesawat Boeing 777-200 dengan nomor penerbangan MH370 yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing, China, hilang di sekitar wilayah Selatan Vietnam, Sabtu (8/3/2014). Pesawat tersebut mengangkut 239 orang dari 14 kewarganegaraan, termasuk tujuh orang warga negara Indonesia.

Tim penyelamat saat ini meluaskan wilayah pencarian mereka. Tim bergerak di laut dan udara menyusuri sisi selatan Laut China Selatan di wilayah Vietnam lebih dari 24 jam. Pejabat otoritas penerbangan sipil Malaysia Azharuddin Abdul Rahman mengatakan, area pencarian diperluas hingga ke pantai barat Malaysia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AP, BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.