Kompas.com - 07/03/2014, 20:37 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Juru Bicara Parlemen Ukraina Alexandr Turchynov meneken dekrit pada Jumat (7/3/2014) yang memveto keputusan parlemen Crimea. Veto itu menunda referendum Republik Otonomi Crimea untuk bergabung ke Rusia. Menurutnya, tulis AP , di bawah Konstitusi Ukraina, referendum regional adalah ilegal.

Sebelumnya, pada Kamis kemarin, parlemen Crimea melakukan pemungutan suara untuk menjadi bagian dari Rusia. Menurut rencana, pada Minggu (16/3/2014), Crimea bakal menggelar referendum untuk menentukan sikap menjadi bagian Ukraina atau bergabung dengan Rusia.

Turchynov yang juga menjadi penjabat Presiden Ukraina menggambarkan kalau pergerakan parlemen Crimea adalah kejahatan terhadap negara. "Parlemen Crimea melakukan upaya-upaya untuk memisahkan diri dari Ukraina,"katanya.

Pada bagian lain, Juru Bicara Majelis Rendah Rusia, Duma, Sergei Naryshkin di Moskwa mengatakan kalau Rusia akan menaruh hormat pada segala keputusan yang dibuat rakyat Crimea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.