Kompas.com - 07/03/2014, 20:32 WIB
EditorErvan Hardoko
KIEV, KOMPAS.com - Krisis di Ukraina ternyata tak hanya berdampak pada warga negeri itu namun juga dirasakan oleh para hewan di kebun binatang Kharkiv, di sebelah timur laut negeri itu.

Pengurus kebun binatang kini meminta bantuan dana untuk mengelola tempat itu yang sejak krisis dimulai tak terurus, sehingga mengancam nyawa hewan-hewan di sana.

"Hewan-hewan kami tidak ikut berebut kekuasaan, mereka tidak mendukung pandangan politik siapapun, hewan-hewan ini hanya ingin hidup," demikian pengelola kebun binatang lewat situs resminya.

Negeri bekas Uni Soviet itu selama beberapa bulan terakhir diguncang krisis politik terburuk sepanjang sejarahnya yang mengakibatkan negeri itu berada di ambang kebangkrutan.

"Bersama seluruh warga negeri ini, kebun binatang kami juga mengalami masa-masa sulit dan menakutkan," tambah pengelola kebun binatang.

"Tanpa langkah-langkah darurat, hewan-hewan kami yang tak berdosa ini kemungkinan besar akan mati satu persatu mulai pekan depan," tambah pengelola.

Kebun binatang Kharkiv dibangun pada 1890 dan berhasil melalui keganasan dua perang dunia, namun kini tak mampu melawan krisis yang dipicu warga Ukraina sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.