Kompas.com - 07/03/2014, 15:39 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia, Vladimir Putin, yakin krisis di Ukraina saat ini tidak akan membuat Amerika Serikat mengorbankan hubungan diplomatiknya dengan Moskwa. Demikian pernyataan Putin yang dirilis Kremlin, Jumat (7/3/2014).

Putin menekankan pentingnya hubungan AS-Rusia untuk memastikan stabilitas dan keamanan dunia. Hubungan seperti ini sudah seharusnya tidak dikorbankan demi perbedaan individual meski itu menyangkut hal yang sangat penting.

Demikian Kremlin mengutip pernyataan Putin dalam pembicaraan telepon selama satu jam dengan Presiden AS Barack Obama.

Kepada Obama, Putin mengatakan, pemimpin baru Ukraina telah menerapkan sebuah keputusan yang tidak sah di wilayah timur dan tenggara Ukraina serta di Semenanjung Crimea.

Dalam pembicaraan telepon itu, Obama mendesak Putin untuk menerima penyelesaian diplomatik krisis Ukraina, yang memicu krisis hubungan terburuk antara AS dan Rusia sejak Perang Dingin berakhir.

Namun, Putin secara tegas membela kebijakan Rusia di Ukraina, sebuah negara yang disebutnya sebagai "saudara", dan mengatakan Moskwa tidak berada di belakang pendudukan Crimea, markas armada Laut Hitam Rusia.

Putin mengatakan, Rusia bersedia bekerja sama dengan negara-negara Barat, tetapi semua solusi harus berdasarkan kesepakatan yang disponsori Uni Eropa dan ditandatangani pada 21 Februari oleh presiden terguling Viktor Yanukovych, yang masih dianggap Kremlin sebagai pemimpin sah Ukraina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.