Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Peluru Jepang Sediakan Gerbong dengan Bak Air Panas

Kompas.com - 05/03/2014, 16:29 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Kenyamanan penumpang kereta peluru supercepat Jepang akan bertambah dengan layanan air hangat untuk merendam kaki pada saat kereta itu melaju kencang melintasi pedesaan Jepang.

Pengelola kereta api peluru Shinkansen, JR East, akan meluncurkan layanan baru ini pada Juli mendatang. Kereta ini memiliki satu gerbong khusus yang dilengkapi sebuah bak air hangat sepanjang 2,4 meter yang menghadap jendela.

Berendam bisa dikatakan sebagai sebuah ritual dan aktivitas yang cukup mahal dalam kebudayaan Jepang. Sementara, merendam kaki lebih ditujukan agar para penumpang bisa bersantai ketimbang bertujuan untuk membersihkan kaki.

Kereta tersebut bernama "Toreiyu", yang merupakan kombinasi dari bahasa Inggris train, bahasa Perancis soleil, dan bahasa Jepang yu, yang berarti air panas.

Toreiyu juga akan dilengkapi dengan sebuah gerbong berisi bar dan lantai tatami ditambah meja yang dibuat dari kayu pohon ceri.

"Kami mencoba untuk memberikan pelayanan yang akan memberikan arti lebih sebuah perjalanan dengan kereta api," kata Juru Bicara JR East, Ryosuke Akaya.

Kereta ini nantinya akan melayani rute Fukushima-Shinjo City di prefektur Yamagata sepanjang 148 kilometer dan beroperasi pada akhir pekan.

Pengoperasian kereta ini termasuk dalam upaya pemerintah setempat mempromosikan sektor pariwisata di Yamagata yang dikenal sebagai daerah penghasil beras, daging sapi, buah ceri, dan pir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com