Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Rusia Beri Tembakan Peringatan ke Arah Prajurit Ukraina

Kompas.com - 04/03/2014, 22:39 WIB
KIEV, KOMPAS.com — Pasukan Rusia, Selasa (4/3/2014), melepaskan tembakan peringatan ke arah ratusan prajurit Ukraina di sebuah pangkalan militer di dekat kota Sevastopol, di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Crimea.

Pasukan pro-Rusia yang menduduki lapangan terbang Belbek, dekat Sevastopol, melepaskan tembakan ke udara ketika sekitar 300 orang prajurit Ukraina menghampiri mereka.

"Mereka melepaskan sejumlah tembakan ke udara dan mengancam akan menembak jika prajurit Ukraina terus mendekat," kata Oleksey Khramov, ujar seorang perwira di pangkalan militer itu.

Pasukan Ukraina, lanjut Khramov, yang tidak membawa senjata akhirnya memutuskan berhenti untuk menghindari konfrontasi.

Dalam rekaman video yang ditayangkan stasiun televisi Inggris, Sky, memperlihatkan seorang prajurit pro-Rusia mendekati pasukan Ukraina.

"Berhenti. Saya minta perwira kalian datang! Atau kami tembak kaki kalian," kata prajurit itu.

"Kalian akan membayar ini, kalian harus bertanggung jawab," ujar seorang prajurit Ukraina kesal.

Para prajurit pro-Rusia itu kemudian meminta para prajurit Ukraina tenang, tetapi menuduh mereka terlebih dahulu melakukan provokasi.

Pasukan pro-Rusia mengepung sejumlah pangkalan militer Ukraina di Crimea, pada saat kawasan otonomi berpenduduk Rusia itu masuk ke dalam pusaran konflik setela tergulingnya Presiden Viktor Yanukovych bulan lalu.

Meski ketegangan sangat terasa, hingga saat ini kekhawatiran adanya invasi militer Rusia belum terbukti.

"Tadi malam sangat tenang," kata juru bicara kementerian pertahanan Ukraina, Vladyslav Seleznyov, di ibu kota Simferopol.

Sebelumnya, Rusia mengultimatum pasukan Ukraina di Crimea untuk menyerang atau menghadapi serangan besar-besaran. Namun, Rusia membantah adanya ultimatum itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com