Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Tiba di Ukraina Bahas Penyelesaian Krisis

Kompas.com - 04/03/2014, 20:58 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, Selasa (4/3/2014), tiba di Ukraina untuk menggelar pembicaraan dengan pemerintahan interim negeri itu, di tengah  meningkatnya krisis di Crimea.

Kunjungan Kerry ini bertepatan dengan janji pemerintah AS yang akan memberikan bantuan sebesar 1 miliar dolar untuk negeri yang nyaris bangkrut itu.

Dalam kunjungan singkatnya di Ukraina itu, Menlu Kerry dijadwalkan bertemu dengan presiden interim Oleksandr Turchynov dan PM Aresniy Yatsenyuk.

Sejumlah pejabat AS yang ikut dalam rombongan John Kerry, kepada wartawan mengatakan, Washington akan menyediakan bantuan finansial untuk pemerintah Ukraina.

Dalam pernyataan resminya, Menteri Keuangan AS Jacob Lew mengatakan, pemerintah bekerja sama dengan Kongres dan pemerintah Ukraina untuk memberikan jaminan pinjaman sebesar 1 miliar dolar.

Pinjaman itu diberikan untuk melindungi warga Ukraina dari dampak sejumlah penyesuaian perekonomian.

"Di saat bersamaan, pemerintah AS juga menyediakan bantuan tenaga ahli untuk membantu bank nasional Ukraina dan kementerian keuangan untuk mengatasi tantangan yang paling mendesak," ujar seorang pejabat AS yang mengikuti kunjungan John Kerry.

Pejabat AS itu menambahkan, dengan kondisi semenanjung Crimea yang hampir dikuasai seluruhnya oleh Rusia, maka kemungkinan besar Moskwa akan menghadapi sejumlah sanksi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com