Kompas.com - 04/03/2014, 17:42 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara melepaskan serangkaian tembakan roket ke laut, Selasa (4/3/2014), sebagai sebuah aksi protes atas latihan militer gabungan AS-Korea Selatan.

Menjelang tengah hari, Korea Utara melepaskan tiga tembakan menggunakan sistem peluncuran roket berantai (MLRS), sebuah sistem peluncuran dengan mobilitas tinggi yang memampu menembakkan roket darat ke darat. Demikian Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Tiga proyektil itu ditembakkan dari kota pelabuhan pesisir timur Korea Utara, Wonsan dan terbang sejauh 55 kilometer sebelum jatuh di Laut Jepang.

Korea Utara kemudian melepaskan lagi empat tembakan pada pukul 16.17 waktu setempat atau sekitar pukul 14.17 WIB. Empat proyektil ini terbang sejauh 155 kilometer sebelum jatuh ke laut.

"Korea Utara nampaknya sedang mencoba dua jenis MLRS," kata seorang juru bicara Kemenhan Korea Selatan.

Sementara itu, militer Korea Selatan meningkatkan kewaspadaan mereka terkait serangkaian penembakan roket dari Korea Utara ini. Aksi ini mengundang kecaman AS dan Korea Selatan.

Pekan lalu, Korea Utara juga melakukan uji coba dengan menembakkan empat rudal jarak pendek Scud dari pesisir timur negeri itu. Uji coba itu kemudian dilanjutkan dengan penembakan dua roket pada Senin (3/3/2014).

Korea Selatan menyebut uji coba penembakan roket itu merupakan sebuah "provokasi buruk", sementara Amerika Serikat meminta Korea Utara menahan diri dan mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.