Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Tembakan Dua Rudal dari Pantai Timur

Kompas.com - 03/03/2014, 12:51 WIB
SEOUL, KOMPAS.COM — Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal jarak pendek dari pantai timurnya, Senin (3/3/2014), kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel). Hal itu merupakan peluncuran rudal kedua dalam waktu kurang dari seminggu.

Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan, pihaknya dalam siaga tinggi dan sedang memantau situasi. Pihak Korsel menyerukan kepada Korut untuk menghentikan peluncuran rudal itu.

Masih menurut Kementerian Pertahanan Korsel, senjata yang diluncurkan merupakan rudal Scud dengan kemampuan jangkauan mencapai 500 kilometer, dua kali lipat dari yang diluncurkan pekan lalu.

Kamis lalu, empat rudal Scud ditembakkan ke laut dari pantai timur Korut hanya beberapa hari setelah dimulainya latihan militer tahunan bersama antara Korsel dan Amerika Serikat. Korut menentang latihan tersebut, yang secara rutin memicu ketegangan di antara ketiga negara.

Latihan tahun lalu telah memicu ketegangan berminggu-minggu antara negara-negara itu dan ancaman perang nuklir dari Korut.

Peluncuran rudal Scud, yang punya jangkauan meliputi seluruh Semenanjung Korea, pada Kamis merupakan yang pertama sejak tahun 2009, kata Korsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com