Kompas.com - 26/02/2014, 21:28 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW DELHI, KOMPAS.com - Panglima Angkatan Laut India Laksamana DK Joshi, Rabu (26/2/2014),mengundurkan diri menyusul insiden yang menimpa salah satu kapal selam India di lepas pantai Mumbai yang mengakibatkan dua pelaut hilang dan tujuh lainnya terluka.

"Panglima AL Laksamana DK Joshi hari ini mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pertanggungjawaban moral terkait kecelakaan dan insiden yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan India.

AL India memaparkan, tujuh pelaut harus dirawat intensif di rumah sakit akibat menghirup asap ketika berusaha memadamkan api di salah satu ruangan kapal selam INS Sindhuratna saat sedang berlatih.

Dua awak kapal lainnya belum ditemukan di dalam kapal buatan Rusia itu yang langsung kembali ke pelabuhan Mumbai setelah insiden itu terjadi.

Insiden itu terjadi 18 orang pelaut tewas ketika kapal selam INS Sindhurakshak yang juga buatan Rusia, meledak dan tenggelam di galangan kapal militer di Mumbai. Kecelakaan itu menjadi bencana terbesar yang dialami AL India sejak sebuah fregatnya tenggelam ditembak kapal selam Pakistan dalam perang 1971.

Bulan lalu, kapal selam lainnya INS Sindhughosh kandas saat kembali ke pelabuhan Mumbai. Tak ada kerusakan berarti dan korban jiwa dalam insiden itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.