Kompas.com - 26/02/2014, 21:07 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIRUT, KOMPAS.com — Kelompok Hezbollah, Rabu (26/2/2014), mengancam untuk membalas serangan udara Israel ke Lebanon timur dua hari lalu yang dikhawatirkan akan memperkeruh konflik di kawasan itu.

Serangan udara Israel menyasar target-target Hezbollah itu adalah serangan udara pertama sejak Israel dan Hezbollah terlibat perang pada 2006.

"Pada Senin malam, pesawat tempur Israel menyerang posisi Hezbollah di dekat perbatasan Lebanon-Suriah, dekat kawasan Janta, Lembah Bekaa," demikian pernyataan Hezbollah.

Pernyataan ini sekaligus menjadi konfirmasi resmi pertama Hezbollah terkait serangan udara Israel, meski sumber-sumber keamanan Lebanon sudah terlebih dahulu mengabarkan serangan Israel itu.

"Serangan baru ini merupakan agresi terang-terangan terhadap wilayah dan kedaulatan Lebanon. Kami tidak akan tinggal diam dan kami akan menentukan tanggal, waktu, dan cara yang tepat untuk membalas," tambah Hezbollah.

Hezbollah, yang menyebut diri mereka sebagai organisasi perlawanan terhadap Israel, dibentuk pada 1982 oleh Garda Revolusi Iran dan merupakan aktor utama dalam mengakhiri pendudukan Israel di Lebanon selatan pada 2000.

Hezbollah adalah satu-satunya faksi di Lebanon yang tidak dilucuti persenjataannya sejak perang saudara brutal selama 15 tahun di negeri itu berakhir pada 1990.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.