Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hezbollah Ancam Balas Serangan Udara Israel

Kompas.com - 26/02/2014, 21:07 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com — Kelompok Hezbollah, Rabu (26/2/2014), mengancam untuk membalas serangan udara Israel ke Lebanon timur dua hari lalu yang dikhawatirkan akan memperkeruh konflik di kawasan itu.

Serangan udara Israel menyasar target-target Hezbollah itu adalah serangan udara pertama sejak Israel dan Hezbollah terlibat perang pada 2006.

"Pada Senin malam, pesawat tempur Israel menyerang posisi Hezbollah di dekat perbatasan Lebanon-Suriah, dekat kawasan Janta, Lembah Bekaa," demikian pernyataan Hezbollah.

Pernyataan ini sekaligus menjadi konfirmasi resmi pertama Hezbollah terkait serangan udara Israel, meski sumber-sumber keamanan Lebanon sudah terlebih dahulu mengabarkan serangan Israel itu.

"Serangan baru ini merupakan agresi terang-terangan terhadap wilayah dan kedaulatan Lebanon. Kami tidak akan tinggal diam dan kami akan menentukan tanggal, waktu, dan cara yang tepat untuk membalas," tambah Hezbollah.

Hezbollah, yang menyebut diri mereka sebagai organisasi perlawanan terhadap Israel, dibentuk pada 1982 oleh Garda Revolusi Iran dan merupakan aktor utama dalam mengakhiri pendudukan Israel di Lebanon selatan pada 2000.

Hezbollah adalah satu-satunya faksi di Lebanon yang tidak dilucuti persenjataannya sejak perang saudara brutal selama 15 tahun di negeri itu berakhir pada 1990.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com