Kompas.com - 26/02/2014, 18:45 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China menangkap secara resmi seorang ilmuwan terkemuka dari suku Uighur yang beragama Islam dan mendakwanya dengan separatisme.

Ilham Tohti, yang juga dikenal sebagai guru besar ekonomi di Beijing, berpandangan kritis terhadap kebijakan etnis Pemerintah China.

Istrinya, Guzaili Nuer, mengatakan telah menerima surat penangkapan resmi, Selasa (25/2/2014), dengan dakwaan separatisme.

Tohti sudah berada di tahanan polisi sejak bulan lalu dan Nuer mengatakan dia ditahan di Xinjiang. Amerika Serikat dan Uni Eropa sudah mengungkapkan keprihatinan atas penangkapan Tohti.

Masyarakat Uighur yang beragama Islam umumnya tinggal di Xinjiang, China barat, yang beberapa kali dilanda kerusuhan yang memakan korban jiwa.

Pemerintah Beijing biasanya menuding kerusuhan itu kepada ekstremis Uighur, tetapi pegiat Uighur menuduh kerusuhan dipicu oleh ketegangan etnis dan ketatnya kendali pemerintah.

Media resmi China juga melaporkan Tohti diselidiki terkait "kegiatan separatisme". Istri Tohti mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa tuduhan itu "tidak masuk akal". "Dia tidak pernah melakukan apa pun seperti itu. Dia seorang guru," tegas Nuer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.