Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaya Mendadak Saat Temukan Koin Emas Rp 116 Miliar Dalam Kaleng Berkarat

Kompas.com - 26/02/2014, 10:18 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.COM — Pasangan di California, AS, yang sedang berjalan-jalan bersama anjing mereka mendadak menjadi kaya raya ketika menemukan sejumlah koin emas yang terkubur di tanah. Para ahli mengatakan, nilai koin itu mencapai lebih dari 10 juta dollar AS (atau setara Rp 116 miliar).

Temuan yang disebut Saddle Ridge itu diyakini merupakan harta karun paling berharga yang pernah ditemukan di Amerika Serikat (AS). Demikian kata pihak Kagin's Inc, yang mengkhususkan diri dalam koin emas kuno.

Pasangan itu, yang hanya disebut sebagai John dan Mary, melihat bagian sebuah kaleng yang terkubur yang menyembul dari tanah—dan setelah melakukan penggalian lebih lanjut menemukan tujuh kaleng lain, berisi lebih dari 1.400 koin emas.

"Keluarga itu benar-benar menemukan pot emas di kaki pelangi," kata bos perusahaan itu, Donald Kagin, yang menambahkan bahwa sebagian besar koin itu berasal dari akhir abad ke-19. "Apa yang benar-benar signifikan dari temuan ini... adalah bahwa tidak seperti timbunan dan harta lainnya, yang satu ini mencakup beragam macam tanggal, banyak yang dalam kondisi bersih," tambahnya.

Pasangan tersebut mengatakan, mereka hanya membawa anjing mereka untuk berjalan-jalan sebagaimana biasanya ketika mereka pertama kali menemukan harta itu. "Saya melihat kaleng tua mencuat dari dalam tanah pada jalur yang kami telah lalui hampir setiap hari selama bertahun-tahun," kata John. Ia lalu menggunakan tongkat untuk menggali kaleng tersebut.

Mereka lalu membawanya ke rumah meskipun kaleng itu cukup berat. "Saya mengatakan kepada Mary, 'Wow, kaleng ini berat. Pasti penuh dengan serpihan'. Saya tidak tahu apa yang membuatnya jadi seberat itu," kata John.

Pada saat itu, tutupnya retak dan memperlihatkan punggung sebuah koin emas. Ia menambahkan, "Saya menutup kembali penutup itu. Saya menemukan sekaleng koin emas dan saya pikir Maria tidak mungkin percaya kepadaku! Ketika saya sampaikan kepadanya, ia kebingungan, mulutnya terbuka lebar sampai lalat terbang masuk keluar beberapa kali."

Mary menambahkan, "Saya tidak pernah berpikir kami akan menemukan sesuatu seperti ini. Namun, dengan cara yang aneh, saya merasa sepertinya saya telah mempersiapkan seluruh hidup saya untuk itu."

Setelah penggalian lebih lanjut, termasuk dengan menggunakan detektor logam, mereka akhirnya menemukan delapan kaleng. Pasangan yang berusia sekitar 40-an tahun itu memutuskan untuk tetap anonim hingga saat ini.

"Seperti banyak orang akhir-akhir ini, kami juga punya beberapa masalah keuangan. Saya merasa sangat bersyukur bahwa kami bisa menjaga properti tercinta kami," kata John.

Mary menambahkan, "Kami adalah orang-orang yang sama sebagaimana kami sebelumnya, hanya dengan lebih banyak kebebasan untuk melakukan pilihan. Masalah keuangan tidak (lagi) harus mendikte kami begitu banyak dalam keputusan sehari-hari kami. Jawaban atas kesulitan kami ada di sana di bawah kaki kami selama bertahun-tahun. Jangan ragu membungkuk untuk memeriksa kaleng yang berkarat!"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com