Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri dan Putri Kembar Gembong Narkotika Meksiko Ada Saat Penangkapan

Kompas.com - 25/02/2014, 09:31 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.COM - Istri dan putri kembar berusia dua tahun dari gembong narkotika Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman, ada saat penangkapan Guzman tetapi pemerintah telah membebaskan mereka, kata menteri dalam negeri negara itu, Senin (24/2/2014).

Guzman (56 tahun) menikah dengan Emma Coronel tahun 2007 ketika perempuan itu masih sebagai ratu kecantikan berusia 18 tahun. Coronel, seorang warga negara AS, dilaporkan pernah melakukan perjalanan ke Los Angeles tahun 2011 untuk melahirkan putri kembar mereka itu.

Setelah 13 tahun buronan, bos kartel Sinaloa tersebut ditangkap pada Sabtu pekan lalu ketika marinir Meksiko menyerbu ke lantai empat apartemen di sebuah kondominium di kota Mazatlan di pantai Pasifik. Saat penangkapan itu tidak ada tembakan yang terjadi.

"Istrinya ada di sana, dua putrinya berada di sana. Namun mereka sama sekali tidak ada kaitannya dengan tindakan kriminal itu, sehingga mereka dibebaskan," kata Menteri Dalam Negeri Meksiko, Miguel Angel Osorio Chong, kepada Radio Formula.

Seorang pejabat pemerintah AS mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pada saat penangkapan, Guzman hanya bersama kelompok kecil yang termasuk salah satu pengawal dan seorang pengawas.

Penangkapan Guzman itu merupakan kemenangan besar dalam upaya Presiden Enrique Pena Nieto untuk membasmi kekerasan narkotika yang telah menyebabkan hampir 80.000 orang tewas di Meksiko sejak tahun 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com