Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Filipina Tangkap Komandan Front Moro

Kompas.com - 24/02/2014, 16:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Aparat keamanan Filipina menangkap salah satu komandan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) Wahid Tundok. Meski, MILF dan pemerintah Filipina baru saja meneken perjanjian damai.


Menurut warta AP  pada Senin (24/2/2014) menyitir Direktur Jenderal Kepolisian Nasional Filipina Alan Purisima, ada berbagai sangkaan untuk Tundok. "Ia disangka terlibat dalam berbagai pembunuhan,"kata Purisima.

Catatan terkumpul menunjukkan kalau polisi dan Angkatan Laut (AL) Filipina mencokok Tundok kemarin di Cotabato. "Bersama beberapa pengikutnya, kami membawa Tundok ke markas militer terdekat untuk diinterogasi,"kata Purisima.

Sementara itu, pemimpin MILF lainnya, Ghadzali Jaafar meminta jaminan kekebalan hukum selama masa gencatan senjata untuk Tundok. Jaafar juga meminta adanya dialog dengan pihak pemerintah Filipina.

Perjanjian damai antara pemerintah Filipina dan MILF diteken bulan lalu. Konsekuensinya, 11.000 gerilyawan MILF harus menurunkan senjatanya. Pemerintah Filipina melalui perjanjian itu juga memberikan amnesti kepada pemimpin MILF terkait tuduhan pemberontakan.

Perjanjian kedua pihak itu difasilitasi oleh Malaysia. Perjanjian itu menjadi momentum setelah 13 tahun perlawanan MILF. Perseteruan kedua belah pihak itu sudah menewaskan 120.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com