Kompas.com - 24/02/2014, 15:51 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Usai meneken peraturan anti-homoseksual menjadi undang-undang resmi, Presiden Uganda Yoweri Museveni resmi menyatakan kalau homoseksual adalah tindakan kriminal. Ganjaran bagi pelaku adalah hukuman penjara seumur hidup. Warta AFP  pada Senin (24/2/2014), menyatakan hal tersebut.

Perjalanan rancangan undang-undang anti-homoseksual itu terbilang penuh sandungan sejak Desember tahun silam. Di parlemen, klausul ganjaran hukuman mati bagi pelaku homoseksual akhirnya tumbang menjadi hukuman seumur hidup. "Presiden akan meneken undang-undang tersebut hari ini,"begitu kata Juru Bicara Kepresidenan Tamale Mirundi.

Presiden Museveni, sekutu kunci Afrika dengan AS dan Uni Eropa, sejatinya tengah mendapat tekanan dari donor Barat ihwal masih maraknya korupsi di Uganda. Museveni pun mendapat tekanan dari para diplomat dan grup HAM Barat untuk membatalkan peresmian undang-undang tersebut. "Presiden tak bisa ditekan oleh lobi internasional karena Uganda adalah negeri berdaulat. Jadi, keputusan Uganda mesti mendapat penghormatan,"kata Mirundi menegaskan.

Kebijakan yang diambil Museveni mendapat dukungan dari anggota parlemen David Bahati. Di perwakilan rakyat itu, Bahati adalah pendukung kuat undang-undang anti-homoseksual.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.