Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Akan Bergabung dengan Uni Eropa

Kompas.com - 24/02/2014, 11:42 WIB
Setelah Presiden Viktor Yanukovych dipecat, pemerintah sementara menyatakan prioritas Ukraina adalah bergabung dengan Uni Eropa.

Pejabat sementara Presiden Ukraina, Oleksandr Turchynov, mengatakan negara itu kini memusatkan upaya pada penyatuan dengan Uni Eropa UE).

Turchynov ditunjuk sebagai kepala pemerintahan setelah lengsernya Yanukovych dalam sebuah sidang parlemen hari Sabtu (22/02).

Aksi protes berkepanjangan yang berbuntut krisis politik terjadi di Ukraina setelah Yanukovych menolak pakta perdagangan dengan UE.

Sementara terhadap Rusia yang mendukung Yanukovych, Turchynov mengatakan pihaknya "siap berdialog".

"Kita harus kembali ke pangkuan keluarga negara Eropa," kata sang presiden baru.

Pernyataan ini sudah didahului oleh pengumuman Menlu Uni Eropa Catherine Ashton yang akan mengunjungi Kiev dalam upaya "mencari solusi lebih kekal untuk mengatasi krisis politik sekaligus menciptakan kestabilan ekonomi" di Ukraina, pada hari ini (24/02).

Sementara Rusia yang memprotes pengalihan kekuasaan di Ukraina menolak kehadiran Ashton, serta menarik pulang duta besarnya ke Moskwa untuk berkonsultasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com