Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matteo Renzi Resmi Menjadi Perdana Menteri Termuda Italia

Kompas.com - 23/02/2014, 01:25 WIB
ROMA, KOMPAS.com - Matteo Renzi, Sabtu (22/2/2014), dilantik menjadi perdana menteri baru Italia, di tengah keraguan bahwa pemerintahan baru ini memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah negeri itu.

Mantan wali kota Florence itu menjadi perdana menteri termuda Italia dalam usia 39 tahun. Dia dilantik Presien Giorgio Napolitano di istana kepresidenan Roma, disaksikan istri dan ketiga anaknya.

Pemimpin berhaluan kiri-tengah itu mengambil alih pemerintahan di negeri dengan perekonomian terbesar ketiga Uni Eropa itu di saat resesi ekonomi mendera negeri itu.

"Ini adalah tugas yang sulit dan berat. Tapi kami adalah Italia, kami akan sukses. Kami akan tetap jujur, bebas, dan sederhana," kata Renzi lewat akun Twitter-nya.

Renzi diharapkan sudah mempresentasikan program-programnya di majelis tinggi pada Senin (24/2/2014), sebelum menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya di majelis rendah sehari sesudahnya.

Untuk membantunya, Renzi membentuk kabinet beranggotakan 16 orang menteri dan setengah dari menterinya adalah perempuan. Dengan rata-rata usia menterinya 47,8 tahun, maka kabinet Renzi adalah yang termuda sepanjang sejarah Italia.

"Renzi berjudi dengan kesegaran, wajah baru dan energi baru. Namun, keraguan muncul terkait pengalaman dan kemampuan pemerintah menanggulangi krisis ekonomi terburuk Italia sesudah perang," kata pengamat politik Italia, Mario Calabresi kepada harian La Stampa.

Negara-negara Eropa akan mengawasi dengan ketat apakah Renzi dapat melakukan revolusi untuk kembali mengangkat perekonomian Italia setelah pendahulunya Enrico Letta gagal melakukan reformasi di negara yang dililit korupsi dan birokrasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com