Kompas.com - 22/02/2014, 18:15 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Para pendemo antipemerintah mengklaim menguasai Kantor Kepresidenan Ukraina di Kiev. Menurut warta AP  pada Sabtu (22/2/2014), pengunjuk rasa tak menjumpai Presiden Ukraina Victor Yanukovych di tempat itu.

Sementara itu, pihak oposisi sudah menekan agar Yanukovych mundur dari jabatannya. "Yanukovych tidak ada di sini," begitu kata seorang pemimpin unjuk rasa Ostap Kryvdyk seraya menambahkan kalau para pengunjuk rasa tidak menggunakan kekuatan tatkala masuk ke halaman gedung tersebut.

Pada bagian selanjutnya, pemimpin oposisi Ukraina Vitaly Klitschko mengatakan Presiden Yanukovych telah meninggalkan Kiev. "Ukraina harus menyelenggarakan pemilihan dini,"kata mantan petinju ini.

Keberadaan Yanukovych belum diketahui. Kuat dugaan, dia pergi ke Kharkiv, kota di bagian timur laut Ukraina.

Kediamannya di luar ibu kota pun kosong dan tak dijaga. Media melaorkan, wartawan bebas masuk ke kediaman Yanukovych tersebut.

Namun sebuah sumber senior yang mengurusi keamanan mengatakan Presiden Yanukovych masih di Ukraina. "Dia baik-baik saja. Dia masih di Ukraina," kata sumber itu.

Ketika ditanya apakah pemimpin yang diminta mundur itu berada di ibu kota, sumber tersebut menjawab,"Saya tak dapat mengatakannya."

Anna Herman, seorang anggota parlemen yang dekat dengan Presiden Yanukovych, sebagaimana warta UNIAN mengatakan Presiden Yanukovych berada di Kharkiv.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.