Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Sepakat Pasok Mobil Listrik untuk Bhutan

Kompas.com - 21/02/2014, 22:10 WIB

THIMPU, KOMPAS.com — Kerajaan Bhutan, Jumat (21/2/2014), menandatangani kesepakatan dengan industri mobil Nissan untuk memasok mobil listrik bagi pemerintah dan taksi.

Berdasarkan kesepakatan itu maka Nissan akan menyediakan ratusan Nissan Leaf dan mendirikan stasiun pengisian baterai di berbagai tempat.

Bhutan memiliki dan mengekspor energi dari pembangkit listrik air, tetapi masih memerlukan minyak untuk kebutuhan transportasi.

Perdana Menteri Tsherung Tobgay mengatakan, kesepatakan dengan Nissan ini akan membantu pemerintah untuk mencapai sasaran "emisi nol".

Negara kerajaan berpenduduk 720.000 orang ini dikenal dengan pengukuran "kegembiraan nasional'" dan bukan GDP seperti umumnya di negara-negara lainnya.

Namun sejak tahun 2013, PM Togbay mulai menyingkirkannya karena dianggap mengalihkan perhatian dari kemiskinan dan korupsi.

Nissan Leaf merupakan mobil listrik paling laris di dunia dengan penjualan 100.000 unit sejak akhir 2010 atau sekitar 45 persen dari total pangsa pasar mobil listrik.

Hingga saat ini Leaf masih belum mampu menyaingi mobil hibrida —yang menggunakan listrik dan bensin— walau tetap menjadi simbol komitmen Nissan untuk perlindungan lingkungan.

Nissan sudah mencapai kesepakatan dengan 100 negara dan kota di dunia untuk mempromosikan mobil listrik, antara lain dengan Barcelona di Spanyol dan Sao Paulo di Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com