Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Sematkan Penghormatan Dua Perempuan Pejuang di Pantheon

Kompas.com - 21/02/2014, 19:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan bakal menyematkan dua perempuan pejuang dalam Perlawanan Perancis pada Perang Dunia II di Pantheon. Pantheon yang terletak di Paris adalah monumen penghormatan bagi para pejuang yang gugur membela Perancis pada perang tersebut, tulis AFP  pada Jumat (21/2/2014).

Sampai sekarang, cuma satu perempuan yang namanya ada di Pantheon. Dia adalah Marie Curie. Sosok kelahiran 7 November 1867 ini adalah penemu radium yang sampai kini menjadi basis penelitian dan pengembangan radio aktif. Andai sudah terwujud, bakal ada tiga nama perempuan termasuk Curie dan 72 lelaki di Pantheon.

Dalam pernyataannya, Hollande mengatakan kalau semboyan Liberte, Egalite, dan Fraternite belum menyentuh kalangan perempuan Perancis. Padahal, semboyan resmi negara itu merupakan bentuk kesetaraan jender.

Dua nama yang bakal masuk Pantheon adalah Genevieve de Gaulle-Anthonioz. Perempuan ini adalah kemenakan perempuan pemimpin Perancis kala itu, Jenderal Charles de Gaulle. Yang kedua adalah Germaine Tillion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com