Kompas.com - 21/02/2014, 19:16 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan bakal menyematkan dua perempuan pejuang dalam Perlawanan Perancis pada Perang Dunia II di Pantheon. Pantheon yang terletak di Paris adalah monumen penghormatan bagi para pejuang yang gugur membela Perancis pada perang tersebut, tulis AFP  pada Jumat (21/2/2014).

Sampai sekarang, cuma satu perempuan yang namanya ada di Pantheon. Dia adalah Marie Curie. Sosok kelahiran 7 November 1867 ini adalah penemu radium yang sampai kini menjadi basis penelitian dan pengembangan radio aktif. Andai sudah terwujud, bakal ada tiga nama perempuan termasuk Curie dan 72 lelaki di Pantheon.

Dalam pernyataannya, Hollande mengatakan kalau semboyan Liberte, Egalite, dan Fraternite belum menyentuh kalangan perempuan Perancis. Padahal, semboyan resmi negara itu merupakan bentuk kesetaraan jender.

Dua nama yang bakal masuk Pantheon adalah Genevieve de Gaulle-Anthonioz. Perempuan ini adalah kemenakan perempuan pemimpin Perancis kala itu, Jenderal Charles de Gaulle. Yang kedua adalah Germaine Tillion.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.