Kompas.com - 21/02/2014, 18:46 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Deputi Kepala Staf Angkatan Darat (Kastaf AD) Ukraina Jenderal Yuri Domanski mundur dari jabatannya di tengah memanasnya kondisi konflik internal di negara bekas pecahan Uni Soviet itu. Menurut warta AP  pada Jumat (21/2/2014), Jenderal Domanski mengatakan niatnya itu saat diwawancarai Televisi Channel 5 di Kiev.

"Saya mundur karena AD ikut terlibat dalam konflik sipil. Kebijakan itu akan membuat banyak korban tewas baik di pihak rakyat sipil dan tentara," kata Domanski mengatakan alasan kemundurannya.

Menurut Domanski pula, pilihan mundur adalah untuk menhindari peningkatan suhu konflik. "Supaya tak ada lagi lebih banyak korban yang jatuh," katanya.

Catatan termutakhir menunjukkan kalau Kiev menjadi saksi bentrokan sejak unjuk rasa mulai pada tiga bulan silam. Tercatat sudah 77 korban tewas dalam bentrokan antara polisi dan militer melawan pengunjuk rasa.

Jenderal Yuri Domanski adalah anggota militer kedua Ukraina yang lepas dari jabatannya. Sebelumnya, Presiden Ukraina Viktor Yanukovych memecat Kepala Staf AD Jenderal Volodymyr Zamana pada Rabu lalu. Tak ada alasan mengapa yang bersangkutan dipecat. Tapi, rumor mengatakan kalau Zamana sudah lama tak sepaham dengan pendangan Yanukovych.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.