Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Angkut AU Libya Jatuh di Tunisia, 11 Tewas

Kompas.com - 21/02/2014, 16:42 WIB
TUNIS, KOMPAS.com - Sebuah pesawat terbang milik angkatan udara Libya jatuh di sebelah selatan ibu kota Tunisia, Tunis, Jumat (21/2/2014), menewaskan 11 orang penumpangnya.

Pesawat naas itu jatuh di sebuah ladang di desa Nianou tanpa merusak satupun rumah di tempat tersebut. Desa Nianou sekitar 40 kilometer dari kota Tunis.

Bendera Libya masih terlihat jelas di ekor pesawat meski sebagian besar badan pesawat itu hancur lebur.

"Seluruh tubuh pesawat terbakar. Tim penyelamat tiba di lokasi kecelakaan hanya bisa menemukan jasad-jasad yang sudah hangus," kata juru bicara tim penyelamat, Mongi El Kadhi.

"Pesawat itu jatuh sekitar pukul 01.30 dini hari (07.30 WIB). Di dalamnya terdapat 11 penumpang yaitu tiga dokter, dua pasien dan enam kru," tambah El Kadhi.

Sejauh ini belum diperoleh informasi soal identitas kedua pasien di dalam pesawat medis militer itu dan alasan mereka diterbangkan ke bandara internasional Tunis-Carthage dari sebuah pangkalan militer dekat Tripoli, Libya.

Petugas menara pengawas lalu lintas udara Tunis, Sofiene Bejaoui mengatakan pesawat Libya itu adalah jenis pesawat Antonov An-26 bermesin baling-baling buatan Uni Soviet.

"Berdasarkan petugas pengawas yang berbicara dengan pilot semalam, pernyataan terakhir pilot adalah mesin sedang terbakar," ujar Bejaoui.

"Pesawat itu adalah jenis Antonov An-26 milik AU Libya dengan nomor registrasi Five Alpha Delta Oscar Whiskey," Bejaoui.

Tim penyelamat kini sedang berupaya mencari kotak hitam pesawat untuk memastikan penyebab kecelakaan adalah kerusakan mesin seperti diduga.

Hampir sebanyak 1.400 pesawat tranportasi militer dibangun 1969 dan 1986. Sebanyak 420 unit di antaranya diekspor ke luar negeri. Demikian situs resmi Antonov.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com