Kompas.com - 20/02/2014, 23:03 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Irak menawarkan hadiah sekitar 17.000 dollar AS atau sekitar Rp 200 juta untuk setiap anggota militan Al Qaeda yang tertangkap atau terbunuh. Pengumuman itu dikeluarkan di situs Kementerian Pertahanan Irak.

Irak juga menawarkan hadiah yang sama untuk penangkapan militan lain, termasuk kelompok Negara Islam Irak.

Kelompok ini dituding bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom bunuh diri yang menyebabkan pecahnya lagi kerusuhan sektarian terparah di Irak sejak 2008.

Bulan lalu, para militan kelompok itu untuk pertama kalinya menguasai dua kota, Fallujah dan Ramadi di Provinsi Anbar. Pemerintah Irak sejauh ini gagal mengusir kelompok militan itu keluar dari kedua kota tersebut.

Pada Selasa (18/2/2014), bom meledak di kawasah Syiah di Baghdad dan di kota Hilla, Irak selatan, menewaskan paling tidak 49 orang.

Kepala kepolisian Hilla, Mayor Jenderal Abbas Abid, menyalahkan kelompok yang terkait Al Qaeda berada di balik serangan bom itu.

"Kelompok teroris Al Qaeda berada di balik serangan di Hilla untuk membuat bingung pasukan keamanan dan menimbulkan korban di kalangan sipil," kata Abid kepada kantor berita Reuters.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki menyerukan bantuan internasional untuk memerangi Al Qaeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.