Kompas.com - 20/02/2014, 20:13 WIB
EditorErvan Hardoko
ABUJA, KOMPAS.com - Sebuah serangan militan Boko Haram terhadap kota Bama di timur laut Nigeria, menewaskan 60 orang dan menyebabkan kerusakan parah di kota tersebut. Demikian keterangan kepolisian setempat, Kamis (20/2/2014).

Penduduk kota mengatakan sekelompok orang bersenjata menyerbu kota itu pada pukul 04.00 pagi waktu setempat, Rabu (19/2/2014). Penyerang diperlengkapi persenjataan berat dan melemparkan peledak ke berbagai bangunan memaksa warga kabur ke luar kota.

"Jumlah korban tewas mencapai 60 orang akibat serangan ke kota Bama dan jumlah korban kemungkinan besar bertambah," kata Lawal Tanko, seorang komisaris polisi di negara bagian Borno, yang menjadi pusat pemberontakan Boko Haram.

"Penyerang juga mengakibatkan kerusakan parah di kota. Mereka membakar sejumlah bangunan penting termasuk sekretariat pemerintah setempat dan kediaman seorang ulama terkemuka," tambah Tanko.

Tanko melanjutkan, angkatan udara kemudian mengirim jet-jet tempurnya dari basis mereka di Maiduguri, 60 kilomater dari Bama. Pesawat-pesawat tempur itu menjatuhkan bom untuk memukul mundur para penyerang.

"Saya belum bisa mengatakan berapa jumlah penyerang yang tewas namun jumlahnya cukup besar," Tanko menegaskan.

Kerusuhan di wikayah timur laut ini muncul setelah pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau mengancam akan memperluas pemberontakannya hingga ke kawasan delta Nigeria yang dikenal kaya minyak.

Melalui pernyataan yang direkam dalam sebuah video, Shekau mengancam segera menyerang kawasan selatan yang menghasilkan sedikitnya dua juta barel minyak mentah sehari, yang merupakan hasil minyak mentah terbesar di Afrika.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.