Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Partai Berhaluan Alawi Lebanon Ditembak Mati

Kompas.com - 20/02/2014, 16:45 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Seorang petinggi senior sebuah partai politik Lebanon berhaluan Alawi yang mendukung rezim Bashar al-Assad di Suriah, ditembak mati, Kamis (20/2/2014), di kota Tripoli dan memicu bentrokan yang mencederai lima orang lainnya.

"Orang bersenjata yang mengenakan topenng menembak Abdelrahman Diab pada pukul 07.00 (12.00 WIB), saat sedang mengendarai mobil di Tripoli," kata seorang petinggi Partai Arab Demokratik.

Seorang pejabat keamanan Lebanon mengatakan pelaku penembakan yang mengendarai sepeda motor itu melakukan aksinya di sebuah kawasan berpenduduk Sunni. Dia menembak Diab di kepala dan perutnya.

Diab, yang berusia 50-an, adalah ayah dari Youssef Diab, yang kini ditahan aparat Lebanon karena diduga terlibat dalam dua pengeboman sebuah masjid di Tripoli, Agustus tahun lalu yang menewaskan 45 orang.

Saat kabar kematian Diab tersebar, baku tembak terjadi antara penduduk distrik Jabal Mohsen yang memeluk Alawi dan warga Sunni di distrik Bab al-Tebbaneh. Akibat bentrokan itu sedikitnya lima orang terluka.

Perang saudara di Suriah kini memecah warga Syiah dan Sunni Lebanon. Situasi semakin rumit setelah kelompok Hezbollah yang didukung Iran mengirimkan para pejuangnya ke Suriah untuk membantu pasukan Bashar al-Assad.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com