Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama UEA Terbitkan Fatwa Larangan Tinggal di Mars

Kompas.com - 20/02/2014, 14:47 WIB
DUBAI, KOMPAS.COM — Sebuah fatwa yang melarang orang tinggal di Mars diterbitkan sejumlah ulama yang mengatakan bahwa upaya untuk mendirikan tempat tinggal manusia di sana merupakan sesuatu yang tidak Islami.

Fatwa tersebut dikeluarkan Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf (General Authority of Islamic Affairs and Endowment/GAIAE) di Uni Emirat Arab (UEA) setelah organisasi Mars One yang berbasis di Belanda mengumumkan bahwa organisasi itu akan mencoba dan membangun permukiman permanen di Mars.

GAIAE berpendapat, upaya untuk menetap di planet merah itu akan sangat berbahaya, akan dianggap seperti bunuh diri dan aksi bunuh diri dilarang dalam Islam.

GAIAE, sebagaimana dikutip Khaleejtimes.com—situs berita yang berbasis di Dubai—, mengatakan, "Perjalanan tak mungkin kembali itu menimbulkan risiko nyata bagi kehidupan, dan hal itu tidak bisa dibenarkan dalam Islam. Ada kemungkinan bahwa seseorang yang melakukan perjalanan ke Mars mungkin tidak dapat tetap hidup di sana, dan lebih rentan terhadap kematian."

Para astronot itu, kata GAIAE, akan berujung kematian tanpa "alasan yang tepat" dan di akhirat akan menghadapi hukuman yang sama dengan orang yang melakukan bunuh diri.

GAIAE telah menerbitkan sekitar dua juta fatwa melalui Pusat Fatwa Resmi sejak didirikan tahun 2008.

Misi multi-miliar dollar Mars One berharap untuk mendirikan koloni manusia di Mars tahun 2025. Situs web organisasi itu mengatakan, "Rencana misi Mars One terdiri dari misi kargo dan persiapan tanpa awak dari sebuah permukiman layak huni, disusul pendaratan manusia. Dalam tahun-tahun mendatang, sebuah misi demonstrasi, sejumlah satelit komunikasi, dua wahana penjelajah, dan beberapa misi kargo akan dikirim ke Mars. Misi-misi itu akan mendirikan pos di mana kru manusia akan hidup dan bekerja."

Sejauh ini, lebih dari 200.000 orang, termasuk 500 orang Saudi dan Arab, telah melamar untuk ambil bagian dalam misi itu.

Desember lalu, Mars One memilih 1.058 orang untuk ambil bagian dalam percobaan bagi proyek ambisius itu.

Co-founder Mars One, Bas Lansdorp, mengatakan, "Kami sangat menghargai dan terkesan dengan banyaknya orang yang mengajukan aplikasi. Namun, tantangan dengan 200.000 pelamar adalah memilah orang-orang yang kami anggap secara fisik dan mental cocok untuk menjadi duta manusia di Mars dari orang-orang yang jelas-jelas menganggap misi ini tidak serius. Kami bahkan punya beberapa pelamar yang mengirimkan video mereka dalam kondisi bugil!"

Mars terletak sekitar 141,6 juta mil dari Matahari dan memiliki suhu rata-rata minus 85F (atau minus 65C). Atmosfernya sangat tipis, hanya satu persen dari tekanan Bumi, dan 95 persen berupa karbon dioksida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com