Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Uni Eropa Gelar Pertemuan Khusus Bahas Ukraina

Kompas.com - 19/02/2014, 21:32 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com - Para menteri Uni Eropa dijadwalkan menggelar rapat terkait krisis politik Ukraina yang berujung pada bentrok berdarah pada Kamis (20/2/2014).

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton pada Rabu (19/2/2014), mengatakan Uni Eropa tengah mempertimbangkan aksi lebih keras kepada Ukraina, termasuk sanksi terhadap mereka yang bertanggung jawab atas kerusuhan di Kiev itu.

"Semua opsi akan dibahas, termasuk langkah-langkah terhadao represi dan pelanggaran HAM," kata Ashton.

Dalam perkembangan terakhir dalam krisis politik di Ukraina, sedikitnya 25 orang tewas dalam bentrokan sepanjang Selasa (18/2/2014), telah membunyikan alarm peringatan terhadap komunitas internasional.

Sementara itu, Uni Eropa juga mengupayakan dialog antara pemerintah Ukraina dan oposisi. Untuk keperluan itu, Ashton telah meminta Menlu Polandia Radoslaw Sikorski untuk berangkat ke Kiev mewakili 28 anggota Uni Eropa.

Sejauh ini, Uni Eropa masih menolak desakan AS untuk melakukan tindakan keras terhadap Ukraina dan tetap memilih membuka komunikasi dnegan Presiden Viktor Yanukovych.

Namun, kini dengan para pemimpin Eropa mengatakan tangan Yanukovych berlumuran darah, maka Ashton harus menggelar pertemuan luar biasa para Menlu Uni Eropa, membahas nasib Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com