Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Oposisi dan Pemerintah Suriah Setujui Gencatan Senjata di Sekitar Damaskus

Kompas.com - 18/02/2014, 17:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -  Pasukan oposisi dan pemerintah Suriah menyetujui gencatan senjata untuk wilayah di sekitar ibu kota Damaskus. Di tempat lain, Geneva, delegasi oposisi dan pemerintah Suriah malahan gagal mencapai kata sepakat dalam perundingan damai.

Warta AFP  pada Selasa (18/2/2014) menunjukkan kalau di Babilla, jurnalis melihat pasukan oposisi dan pemerintah tengah asyik berbincang-bincang. Kenyataan ini tak bisa ditemukan pada 18 bulan silam.

Hal yang sama terlihat di kawasan lainnya di Damaskus seperti Qudsaya, Moadamiyet al-Sham, Barzeh, Beith Sahem, Yalda, dan Yarmuk. Yarmuk adalah tempat pengungsian warga Palestina.

Pada kawasan-kawasan itu, terlihat kesibukan distribusi pangan di wilayah kelompok oposisi. Sementara, anggota pasukan oposisi membawa senjata-senjata yang terikat bendera. Tak cuma itu, banyak orang bersenjata meneriakkan kata-kata,"Saty, satu, satu! Warga Suriah tetap satu."

Catatan media tersebut juga menunjukkan kalau banyak gedung luluh lantak di Damaskus. Kerusakan parah terjadi di banyak sudut kota Damaskus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com