Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga yang Dievakuasi dari Homs, Diberi Pelajaran Agama

Kompas.com - 16/02/2014, 02:06 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebanyak 179 orang pria yang dievakuasi dari kota Homs, Suriah dan kini berada di bawah pengawasan aparat keamanan akan mendapatkan pelajaran agama untuk "meluruskan pandangan salah mereka tentang Islam". Demikian Gubernur Homs menjelaskan, Sabtu (15/2/2014).

Kepada AFP, Talal Barazi mengatakan ke-179 orang itu akan menerima pelajaran agama, selain sesi rehabilitasi bersama para psikolog.

"Selama empat hari, saat dokumen mereka dipelajari otorita yang berwenang, mereka yang masih ditahan akan diberi pelajaran agama untuk memperbaiki interpretasi salah mereka soal Islam," ujar Barazi.

Barazi menambahkan ke-179 orang berusia antara 15-55 tahun itu ditahan setelah dievakuasi dari kota tua Homs yang dikepung di Suriah tengah.

Dia mengatakan sebanyak 390 orang pria berusia tempur sudah meninggalkan Homs dan 211 di antara mereka sudah dilepaskan dari penahanan sementara.

Sementara itu, PBB mengatakan sebanyak 430 pria dan anak laki-laki ditahan, dan sejauh ini baru 181 orang yang dibebaskan.

Operasi kemanusiaan yang dilangsungkan sejak pekan lalu sudah berhasil mengevakuasi 1.400 orang dari Homs yang dikepung selama lebih dari 18 bulan.

PBB dan Bulan Sabit Merah juga mendistribusikan ratusan paket makanan untuk warga yang masih berada di kawasan kota tua Homs.

Sebelum operasi evakuasi dilakukan, diperkirakan sebanyak 3.000 orang terjebak di tengah kawasan kota tua Homs yang dikuasai pemberontak. Saat persediaan makanan menipis, sebagian besar warga mengkonsumsi buah zaitun dan tanaman-tanaman liar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com