Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Serikat Dihantam Badai Salju Hebat

Kompas.com - 13/02/2014, 15:38 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Badai musim dingin dalam skala besar melanda kawasan padat penduduk di timur laut AS, setelah menyebabkan banyak kerusakan di wilayah selatan.

Wilayah selatan biasanya dikenal beriklim sedang, tetapi akibat badai salju tersebut lebih dari setengah juta rumah dan tempat usaha kehilangan pasokan listrik, dan lebih dari 3.300 penerbangan dibatalkan.

Badai raksasa ini memengaruhi hajat hidup warga di 22 negara bagian antara Texas sampai Maine dan menewaskan sedikitnya 10 orang korban.

Bagian paling padat di AS —antara Washington DC dan Boston— diramalkan akan menerima timbunan salju setinggi 20 cm.

Kantor Layanan Cuaca Nasional AS menyebutkan, badai ini melebihi "proporsi historis", dan mengakibatkan warga Amerika di wilayah selatan menyaksikan berbagai kerusakan akibat patahnya pohon-pohon, tiang listrik tertutup es setebal 2,5 cm, jalan raya berubah jadi kuburan mobil, berbagai kasus kecelakaan jalan, dan laporan warga yang menggigil kedinginan di rumah-rumah tanpa listrik.

Peramal cuaca memperkirakan badai ini jadi salah satu yang terkuat mengguncang negara bagian Atlanta, kota terbesar, di selatan, sejak 1973.

Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) mengirim kebutuhan pokok, termasuk generator, bahan pangan, air, selimut, dan ranjang tidur ke lokasi bencana di Atlanta.

Soo Keith, warga yang tinggal di Raleigh, Atlanta, menceritakan kepada kantor berita Associated Press bahwa upayanya mengemudi di tengah jalan yang terbenam dalam salju dan es gagal total.

Dalam beberapa jam ia hanya mampu menempuh jarak dua mil dan selanjutnya memilih berjalan kaki menuju rumahnya. Keith mengatakan, butuh empat jam untuk sampai ke rumah dalam keadaan beku.

"Wajah saya beku, kacamata beku, rambut pun beku seluruhnya," katanya.

"Saya mengerti cara menyetir di tengah salju. Tapi badainya datang tiba-tiba dan semua orang meninggalkan tempat kerja dalam waktu bersamaan."

Korban badai diminta bersabar menanti listrik menyala kembali karena petugas setempat tengah berupaya mengembalikan daya akibat timbunan salju dan es di berbagai titik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com