Kompas.com - 11/02/2014, 23:30 WIB
EditorErvan Hardoko
ALGIERS, KOMPAS.com — Satu orang penumpang pesawat militer Aljazair yang jatuh di wilayah pegunungan timur laut negeri itu, Selasa (11/2/2014), ditemukan dalam keadaan hidup. Demikian anggota tim penyelamat kepada radio pemerintah.

"Kami menemukan seorang penumpang selamat dan pencarian masih terus dilakukan," kata Kolonel Farid Nechad tanpa memberi rincian lebih jauh.

Pesawat angkut militer jenis Hercules C-130 jatuh di wilayah Pegunungan Oum El Bouaghi di timur laut Aljazair. Pesawat itu membawa 99 penumpang, tentara dan keluarganya, serta empat orang kru.

Pesawat itu terbang dari kota gurun Tamanrasset di sebelah selatan kota Constantine. Menara pengawas kehilangan kontak ketika pesawat itu sudah mulai menurunkan ketinggian sebagai persiapan pendaratan.

Laporan awal menyebut cuaca buruk ditambah hujan salju dan angin kencang menjadi penyebab utama jatuhnya pesawat tersebut.

Tamanrasset yang berada di dekat perbatasan dengan Mali merupakan basis militer Aljazair di wilayah paling selatan negeri itu. Kota ini terletak 1.500 kilometer sebelah selatan Constantine, lokasi kecelakaan pesawat terbang besar pada Maret 2003.

Saat itu, pesawat milik maskapai Air Algerie jatuh saat tengah lepas landas setelah salah satu mesin pesawat itu terbakar. Dalam tragedi itu, dari 103 orang penumpang dan kru, hanya satu orang yang selamat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.